Bagaimana mendidik anak perempuan agar bisa tumbuh menjadi anak yang salihah?


Anak adalah anugerah bagi orang tua dan sudah sepatutnya dijaga dengan penuh tanggung jawab. Tugas orang tua tak sekadar mencukupi kebutuhan makan, pakaian, dan tempat tinggal mereka, namun juga wajib menjadi pendidik pertama dalam mengenalkan dasar-dasar ilmu agama yang baik sebagai pondasi anak saat mereka mulai tumbuh dan mulai mengenal dunianya.

Bagaimana caranya mendidik anak perempuan agar bisa tumbuh menjadi anak yang salihah?

Pertama yang harus ditanamkan adalah keistimewaan menjadi perempuan dengan segala hak dan kewajibannya. Jika mereka bertanya, "Buat apa sih harus pakai kerudung?"
Ayah/Bunda bisa katakan bahwa Allah sendiri yang memerintahkan karena banyak keuntungan yang didapat dari memakai kerudung, misalnya badan kita jadi lebih bersih, terhindar dari banyak kotoran, debu dan kemungkinan penyakit kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Dengan pemahaman itu, anak akan menerima kewajiban tersebut sebagai suatu keuntungan baginya dan mulai belajar untuk membiasakan diri.

Selanjutnya ajarkan akhlak dan adab selaku muslimah sejak dini, caranya adalah dengan menjadi contoh dan teladan bagi mereka. Segala tindakan orang tua sangat berpengaruh kepada kepribadian mereka saat dewasa. Beri contoh baik dengan tindakan nyata bagaimana menjadi muslimah yang memiliki sikap lemah lembut, tegas, ramah, dan baik kepada sesama. Selalu ingatkan bahwa mereka harus senantiasa menjaga diri dimanapun mereka berada.

Didiklah anak dengan pengetahuan yang tepat sesuai dengan usianya. Yang utama, sejak dini ajarkan berbagai doa dan nilai-nilai kebaikan agama karena hal tersebut akan mengakar dalam kepribadian mereka.

Ketika akan mulai beranjak menjadi remaja putri, tugas bunda selanjutnya adalah mengajarkan seputar organ kewanitaan, haid dan berbagai perubahan fisik yang akan mereka alami sesuai dengan kodrat mereka sebagai wanita dan bagaimana mereka wajib menjaga hal tersebut. Jangan sampai lupa memberi informasi dan akhirnya mereka mendapat pengetahuan yang salah dari orang lain.

Saat terpenting peranan orang tua, terutama ibu dalam perkembangan kehidupan anak perempuan adalah ketika anak-anak sudah mulai dewasa, mulai mengenal cinta dan tertarik dengan lawan jenis, Apa yang harus dilakukan oleh para bunda?

Mulailah lebih mendekatkan diri kepada mereka dengan sikap lebih seperti sebagai seorang sahabat ketimbang hadir sebagai orang tua yang banyak melarang. Karena anak-anak pada usia ini, semakin dilarang tanpa ada alasan yang bisa mereka terima, mereka justru akan berpikir untuk melawan.

Dengan memposisikan diri sebagai sahabat, maka anak akan mudah berkomunikasi menceritakan segala hal yang mereka alami dengan leluasa. Dalam kondisi ini, maka tugas bunda akan lebih mudah untuk memantau perkembangan si anak, memberi nasehat dan masukan lalu mengarahkan mereka bagaimana harus bersikap secara dewasa dan mengambil keputusan-keputusan secara bijaksana sesuai dengan kaidah dan norma-norma agama. 

Itulah tips singkat mendidik anak perempuan agar menjadi salihah, Ayah/bunda juga jangan lupa untuk selalu meningkatkan pengetahuan umum tentang dunia anak-anak sesuai dengan usianya, sehingga mampu mengimbangi cara berkomunikasi anak-anak dan membuat waktu beinteraksi dengan mereka selalu nyaman dan menyenangkan.



Sharing is caring...

BELANJA ONLINE KEBUTUHAN ANAK MUSLIM

Menyediakan berbagai kebutuhan anak-anak muslim terbaik seperti kaos lengan pendek dan lengan panjang, jilbab anak, backpack, lunch set, tunik, koko, gamis, dan celana anak dengan mudah, aman dan cepat secara online. Happy Shopping!
Follow kami
untuk mendapatkan update produk terbaru